Kamis, 23 September 2010

Misa Syukur atas Beatifikasi Kardinal Newman

Misa Syukur atas Beatifikasi Kardinal Newman dilangsungkan di Birmingham Oratory, London, 20 September 2010.
Satu hal yang menarik, Birmingham Oratory terkenal akan pelaksanaan Liturgi yang mengikuti hermenetik yang berkelanjutan.
Gereja ini didirikan untuk menghormati Kardinal Newman (dibangun 1907), yang setelah menjadi Katolik ia menjadi seorang Oratorian (Oratori Santo Filipus Neri, sebuah Kongregasi Religius Katolik). Sekarang menjadi sebuah paroki.
Bagi yang gemar kisah Lord of the Rings, menarik untuk diketahui bahwa J.R.R. Tolkien ketika hidup tinggal di rumah di sebelah Birmingham Oratory dan kerap beribadah di sini.

Dari sisi Liturgi, Birmingham Oratory menggunakan Misale Paus Paulus VI (Novus Ordo - Liturgi setelah Konsili Vatikan II), seperti yang digunakan di Indonesia pada umumnya. Juga kerap mempersembahkan Misa menurut Misale Paus Pius V (Tridentin - Liturgi sebelum Konsili Vatikan II).

Menarik melihat bagaimana Misa menurut Misale Paus Paulus VI dibawakan. Misa dilaksanakan ad orientem, sehingga imam dan umat menghadap ke arah yang sama. Sebenarnya ini adalah normatif dalam Misa Paulus VI, walau setelah Konsili opsi untuk imam menghadap umat menjadi pilihan yang dipakai hampir oleh semua imam.

 Perarakan masuk, Uskup Agung Bernard Longley .

Para Imam Konselebran

Konsekrasi


Foto-foto ini bisa dengan mudah disalah mengerti sebagai pelaksanaan Misa Tridentine (menurut Misale Paus Pius V), walau sebenarnya dilaksanakan menurut Misale Paus Paulus VI. Hermenetik berkelanjutan sangat diperhatikan dalam pelaksanaan Liturgi di tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar